Take a fresh look at your lifestyle.

Dosen USK Terbitkan Buku Ke-202

#Sulaiman Tripa

Banda Aceh: Sulaiman Tripa, seorang dosen di Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh. Meluncurkan buku terbarunya berjudul “penelitian lapangan”, pada Minggu (2/4) di A&R Coffee, Lamgugob, Banda Aceh.

Hadir sebagai pembicara pada peluncuran buku tersebut, Prof Yusny Saby (Akademisi Aceh),  Dr. Kamaruzzaman Bustamam Ahmad (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry), Dr. Mukhlisuddin Ilyas (Bandar Publishing) dan Dr. Sulaiman Tripa (Penulis buku).

Bukunya tersebut di terbitkan oleh Pale Media Prima Yogyakarta bekerjasama dengan Bandar Publishing Banda Aceh. Buku yang diluncurkan terbagi dalam 11 bab, secara umum memuat tentang tata cara metode melakukan penelitian lapangan.

Direktur Bandar Publishing dalam pembukaannya menyebutkan bahwa ia membangun kolaborasi dengan Dr Sulaiman untuk meluncurkan buku setiap hari ulang tahunnya. Ini buku ke-202 judul, dalam usia Dr Sulaiman yang ke 47 tahun.

“Kami memiliki komitmen, untuk setiap hari ulang tahun Dr Sulaiman, pada 2 April akan menyelenggarakan peluncurkan buku-buku terbarunya. Tahun 2023 ini saja, beliau telah menulis satu judul buku yang diluncurkan hari ini, dan telah menulis book chapter sejumlah 6 judul bersama dengan penulis lainnya. Menurut catatan kami, Dr Sulaiman sampai tahun 2023 telah menerbitkan 86 judul buku dengan penulis tunggal. Bila digabung dengan buku book chapter ia telah menerbitkan 202 judul buku.”Ujar Mukhlisuddin Ilyas.

Menurut Mukhlis, Bandar Publishing hadir untuk berkolaborasi dengan siapa saja untuk pengembangan literasi dan kebudayaan di Aceh. Hal ini mendapat dukungan dari Prof Yusny Saby dalam sesinya pembicaraanya.

“Semua kita harus saling bekerjasama untuk pekerjaan-pekerjaan yang bermanfaat, perlu kolaborasi untuk kerja-kerja pengetahuan dan kebudayaan. Supaya tetap dikenang selamanya, berbuatlah yang bermanfaat, atau menulis yang baik” Ujar Prof Yusny Saby. Sambil menyebutkan istilah dari Benjamin Franklin “If you would not be forgotten as soon as you are dead and rotten, either write things worth reading or do things worth writing” (Jika Anda tidak akan dilupakan segera setelah Anda mati dan busuk, tulislah hal-hal yang layak dibaca atau lakukan hal-hal yang layak ditulis”)

Baca Juga:  Lembaga Adat Laot, Visi Poros Maritim Dunia, dan Implementasi Tak Terbantahkan

Sedangkan Dr Kamaruzzaman Bustamam Ahmad merasa bangga atas capaian Dr Sulaiman yang konsisten menulis dan merayakan hari ulang tahunnya sebagai bentuk syukur kepada Allah dengan meluncurkan buku pada setiap tanggal 2 April, sebagai hari kelahirannya.

Akhir dari peluncuran buku “Penelitian Lapangan” karangan Dr Sulaiman. Diakhiri dengan buka puasa bersama yang dihadiri oleh sejumlah kalangan penulis, jurnalis, akademisi dan kru sagoetv dan Bandar Publishing, di A&R Coffee Lamggugob, Banda Aceh.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tunggu Sedang Loading...