Take a fresh look at your lifestyle.

Belajar Inovasi Layanan Perpustakaan Dari University of North Texas

Oleh: Hilya Suri Safra.
Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas UIN Ar-Raniry

Perpustakaan merupakan salah satu fasilitas terpenting di setiap perguruan tinggi. Perpustakaan universitas adalah perpustakaan dalam kampus yang pada dasarnya merupakan bagian  dari  universitas, termasuk University of North Texas. Perpustakaan universitas menyediakan berbagai sumber informasi untuk mahasiswa, dosen dan staf. Layanan perpustakaan harus memenuhi kebutuhan informasi pengguna, seperti pemilihan koleksi, pengelolaan, koleksi, pemeliharaan dan layanan. Perpustakaan diselenggarakan sebagai bagian dari universitas, yang tujuannya adalah untuk mendukung pelaksanaan program-program universitas. Tujuan umum perpustakaan  adalah untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat perguruan tinggi, yaitu. mahasiswa, dosen, staf administrasi dan pihak luar yang  mencari informasi. Perpustakaan Universitas  Texas Utara melayani pengguna dengan berbagai ruangan dan koleksi yang menarik, seperti membawa makanan dan minuman  ke dalam perpustakaan, kecuali di area ruangan tertentu.

Perpustakaan  ini juga buka 24 jam sehari dan merupakan bangunan bebas rokok untuk kenyamanan pengguna. Setelah mengikuti webinar kemarin dengan pembicara Irhamni Ali, saya menyadari bahwa Perpustakaan University of  North Texas  telah membantu meningkatkan akses dan pengalaman belajar bagi mahasiswa berteknologi tinggi. Layanan Perpustakaan Universitas of North Texas memelihara koleksi bahan perpustakaan yang ekstensif. Perpustakaan memiliki buku, majalah, surat kabar dan banyak lagi. Selain itu, perpustakaan memiliki ribuan majalah dan database online dimana mahasiswa dan dosen dapat memperoleh informasi terkini dan terpercaya tentang berbagai bidang, seperti koleksi buku perpustakaan dan bahan Pendidikan.

Koleksi Buku dan Materi Ajar

Perpustakaan Universitas Texas memiliki perpustakaan yang besar dan beragam. Koleksi ini meliputi bahan cetak seperti buku, majalah, jurnal dan bahan kajian yang berkaitan dengan berbagai bidang studi seperti humaniora, teknik, masyarakat dan masih banyak lagi. Buku dan bahan pelajaran dapat dipinjam dari mahasiswa dan staf Universitas.

Baca Juga:  Respon Muslim Terhadap Perayaan Imlek

Basis Data Elektronik dan Jurnal

Perpustakaan University of North Texas menyediakan akses ke berbagai layanan basis data elektronik dan jurnal yang mencakup berbagai disiplin ilmu. Ruang lingkup koleksi digital meliputi bahan-bahan dari universitas lain, lembaga pemerintah, arsip negara,  dan lembaga lain yang berkepentingan. Layanan ini memiliki infrastruktur utama yang mendukung karya ilmiah dan penelitian fakultas, staf, dan mahasiswa. Perpustakaan Digital mengawasi semua aspek digital  perpustakaan. Melalui sub-unitnya yaitu. Unit Kurasi Digital, Unit Koran Digital, Lab Proyek Digital dan Unit Pengembangan Perangkat Lunak, melakukan pencitraan digital dan pengarsipan file digital. Itu juga mengelola metadata untuk berbagai penggunaan, termasuk kemampuan pencarian dan beberapa indeks, beberapa di antaranya untuk platform eksternal. Unit ini juga memprakarsai penelitian dan tinjauan sejawat tentang pelestarian dan akses digital.

Perpustakaan Universitas Texas juga menyediakan akses ke database dan jurnal elektronik. Basis data elektronik ini berisi sumber daya yang memungkinkan pengguna untuk mencari artikel jurnal, artikel, e-book, dan sumber daya lain yang terkait dengan suatu bidang studi. Pengguna dapat mengakses database ini di mana saja dan kapan saja melalui internet. Untuk mengakses layanan basis data ini, mahasiswa dan staf Universitas North Texas dapat menggunakan akun perpustakaan mereka dan mengaksesnya melalui website perpustakaan atau melalui katalog perpustakaan online. Selain itu, perpustakaan juga menawarkan panduan dan bantuan untuk membantu pengguna memanfaatkan layanan basis data ini secara efektif.

Peminjaman dan Perpanjangan Buku

Perpustakaan Universitas Texas menawarkan layanan peminjaman dan perpanjangan buku yang mudah dan efisien. Siswa dapat meminjam buku dengan ID universitas dan melanjutkan peminjaman secara online. Perpustakaan juga memiliki sistem distribusi antar perpustakaan yang memungkinkan pengunjung untuk meminjam buku dari perpustakaan University of Texas lainnya. Perpustakaan ini juga berisi Pusat Arsip dan Koleksi Khusus, Koleksi Sejarah Texas dan Amerika, Koleksi Seni, dan koleksi khusus lainnya.

Ruang Studi dan Akses Internet

Baca Juga:  Transisi Pandemi-Endemi Covid-19, Psikologis Siswa, dan Pemanfaatan Microsoft Teams

Perpustakaan Universitas Texas menawarkan ruang belajar bagi mahasiswa dan staf yang ingin belajar atau mengadakan diskusi kelompok, dengan ruang belajar yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas seperti koneksi internet, printer dan scanner. Ruang studi ini dapat digunakan oleh mahasiswa dan staf universitas untuk studi, penelitian atau tugas akademik. Selain itu, perpustakaan juga memiliki akses internet nirkabel gratis yang tersedia di seluruh gedung perpustakaan.

Layanan Pengolahan Sumber Daya

Bagian ini bertanggung jawab untuk mengolah dan mengelola koleksi perpustakaan. Layanan ini termasuk memproses buku baru, memperbarui catatan koleksi, dan menyimpan serta mengembalikan sumber daya.

Layanan Arsip

Layanan ini bertanggung jawab atas pengumpulan, pemrosesan, dan pelestarian arsip dan bahan khusus Universitas Texas. Layanan tersebut meliputi koleksi sejarah universitas, arsip digital, dan bahan khusus seperti karya seni, manuskrip, dan artefak.

Layanan khusus untuk penyandang disabilitas

Perpustakaan Universitas Texas menawarkan layanan khusus untuk mahasiswa dan fakultas dengan kebutuhan khusus, seperti penyandang disabilitas. Layanan ini meliputi layanan aksesibilitas, bantuan peminjaman buku, dan layanan informasi khusus.

Di antara layanan-layanan tersebut ada lagi yang namanya The Spark, lengan teknologi  perpustakaan yang menyediakan akses ke berbagai teknologi untuk meningkatkan pengalaman dan mendukung pengembangan kreatif. Koleksi nya berupa mesin jahit, printer 3D. Ada beberapa perpustakaan cabang, pertama, Perpustakaan Willis, yang koleksinya mencakup berbagai mata pelajaran, termasuk seni, ilmu sosial, perdagangan, pendidikan, dan humaniora.

Selain itu, perpustakaan ini  menyediakan akses  database elektronik, jurnal, e-book dan buka 24 jam sehari. Kedua, Perpustakaan Media mengacu pada kumpulan sumber  informasi seperti buku, jurnal, majalah, dokumen, rekaman audio dan video, dan database elektronik yang tersedia untuk  mahasiswa, dosen, dan staf. Tiga perpustakaan Sycamore mencakup berbagai bidang studi, termasuk seni, sains, teknik, bisnis, dan humaniora. Keempat Discovery Park berisi sumber daya informasi yang mendukung kebutuhan akademik dan ilmiah di bidang  teknik, matematika, ilmu material, dan ilmu lingkungan.

Baca Juga:  Graeber, Akademisi Beraksi dalam Antropologi Anarkis

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tunggu Sedang Loading...